GREEN PORT



Terminal Khusus Pupuk Kaltim Menjadi Pelabuhan Pertama di Indonesia yang Menerima Penghargaan Green Port.


PT Pupuk Kalimantan Timur ( Pupuk Kaltim) merupakan perusahaan yang mengelola dan mengoperasikan Terminal Khusus (Tersus) yang ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dengan Nomor : BX-341/PP 008 Tahun 2017 yang terletak pada titik koordinat dengan posisi Lintang Utara 00010’48” dan Bujur Timur 112029’38”.

Dimulai awal tahun 2018 Pupuk Kaltim berkomitmen untuk menerapkan konsep Pelabuhan ramah lingkungan di Perusahaan. Untuk mendukung konsep Pelabuhan ramah lingkungan, seluruh aspek, Pupuk Kaltim telah menerapkan konsep ramah lingkungan yang sesuai dengan apa yang telah dipersyaratkan dalam Green Port Guideline dan Rating Tools, sebagai contoh konsep ramah lingkungan yang telah diterapkan adalah sebagai berikut :

  1. Alat berat Crane menggunakan tenaga listrik.
  2. Mengganti lampu penerangan konvensional dengan LED.
  3. Melakukan uji emisi kendaraan operasional Pelabuhan.
  4. Memiliki tanaman hidup di lingkungan kerja.
  5. Menggunakan cat ramah lingkungan.
  6. Mengoptimalkan pencahayaan alami dan membuat pencahayaan buatan untuk menjaga kesehatan mata dan produktivitas dalam rangka penerapan green building.
  7. Menghindari penggunaan bahan perusak ozon.
  8. Kualitas udara ambient di wilayah Tersus PKT sesuai baku mutu.
  9. Memiliki pohon pelindung dan tanaman yang dapat mereduksi kebisingan.
  10. Implementasi Shore Power Connection di Tersus Pupuk Kaltim, penggunaan energi fosil diganti dengan energi listrik (shore power).
  11. Tersus Pupuk Kaltim memiliki Port Reception Facilities untuk pengelolaan limbah sampah dari kapal.

Berdasarkan Implementasi yang telah diterapkan Tersus Pupuk Kaltim pada 18 hingga 21 Februari 2019 telah dilakukan assessment Green port terkait tingkat pencapaian Implementasi Green Port di area Tersus Pupuk Kaltim yang mengacu kepada dokumen Green Port Award Guideline dan Rating Tools diperoleh hasil peringkat Level III. Pupuk Kaltim Menjadi Pelabuhan pertama di Indonesia yang mendapatkan Award Green Port dan mendapatkan apresiasi dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman RI.

Grand Platinum

SNI GRAND
PLATINUM

PROPER
EMAS

INDUSTRI
HIJAU LV.5