Dorong Keselamatan Melaut, Pupuk Kaltim Fasilitasi Basic Safety Training 100 Nelayan Bontang

12 December 2018

Mengutamakan keselamatan melaut serta paham akan kondisi serta situasi perairan dengan baik, terus didorong Pupuk Kaltim bagi nelayan Bontang guna meningkatkan hasil tangkapan dan produktivitas. Upaya tersebut kembali direalisasikan Pupuk Kaltim melalui pelatihan Basic Safety Training (BST) Kapal Layar Motor (KLM) bagi 100 nelayan Bontang, kerjasama dengan Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas 1 Loktuan dan Balai Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pelayaran Minahasa Selatan, Sulawesi Utara.

 

Pelatihan berlangsung selama 4 hari, diawali tes kesehatan bagi seluruh peserta, dilanjutkan materi teori dan praktik di Hotel Bintang Sintuk pada 11 Desember 2018. Melalui kegiatan ini, nelayan Bontang diimbau berperan aktif dalam mengutamakan keselamatan melaut, dengan memahami faktor dasar upaya tersebut, utamanya mengantisipasi potensi gangguan keamanan di perairan, yang dinilai berpengaruh pada produktivitas nelayan. “Kami ucapkan terima kasih kepada Pupuk Kaltim yang telah memfasilitasi kegiatan ini. Semoga kerjasama yang baik dapat terus terjalin ke depannya,” ujar Kepala Kantor UPP Loktuan Agus Wiyanto.

 

Dirinya berharap para peserta mampu memahami seluruh materi dengan baik, mengingat kesempatan ini merupakan hal langka dan jarang dilaksanakan, khususnya mengedukasi nelayan untuk memahami faktor keselamatan dalam operasional KLM. “Ini kesempatan yang harus dimanfaatkan semaksimal mungkin. Semoga ke depan bisa ada kelanjutan pelatihan ini, baik dari Pupuk Kaltim maupun Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang,” harap Agus.

 

Selain kepedulian mengedukasi nelayan, pelatihan BST juga bentuk kontribusi aktif Pupuk Kaltim terhadap pemberdayaan masyarakat pesisir, utamanya dengan memperhatikan faktor kesehatan dan kondisi prima bagi nelayan. Pelatihan ini juga bentuk pengembangan program yang sebelumnya juga telah digagas Pupuk Kaltim bagi nelayan binaan, pada program Creating Shared Value (CSV) melalui Koperasi Nelayan Bontang Eta Maritim. “Hal serupa (pemahaman BST) juga didorong Pupuk Kaltim bagi seluruh nelayan Bontang, agar dapat bersama menjaga keselamatan saat melaut. Maka dari itu, pelatihan ini penting untuk diikuti dengan baik oleh peserta,” terang Supriadi, Superintendent Administrasi dan Keuangan Departemen CSR, mewakili Manajemen Pupuk Kaltim.

 

Hal ini disambut positif Pemkot Bontang melalui Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan dan Pertanian (DKP3) Kamilan. Dia menyebut kontribusi Pupuk Kaltim terhadap pemberdayaan masyarakat Bontang tak lagi diragukan, dengan berbagai pembekalan maupun pembinaan yang dilaksanakan pada berbagai program, khususnya pemberdayaan masyarakat pesisir dan nelayan dengan hasil signifikan, baik dari sisi produktivitas maupun kesejahteraan. “Sinergi ini kami harap terus terjalin dalam mewujudkan Bontang sebagai kota maritim di Kalimantan Timur. Pupuk Kaltim berkontribusi besar terhadap pencapaian tersebut,” ucap Kamilan.

 

Selama pelatihan, para peserta dibekali pemahaman mengatasi berbagai gangguan keselamatan di atas kapal, mengingat kondisi di perairan yang tak dapat diprediksi, butuh keterampilan serta kecakapan nelayan untuk bertindak mengantisipasi seluruh potensi, di antaranya potensi kebakaran kapal, nelayan yang jatuh dan tenggelam di laut, tabrakan kapal dan sebagainya. Seluruh materi diharap mampu dikuasai dengan baik oleh seluruh peserta, agar bisa dipraktikkan saat kondisi tersebut terjadi. “Poin utama pelatihan ini berupa dasar-dasar keselamatan melaut dan bagaimana mengatasi kondisi emergency yang sekiranya terjadi,” kata Instruktur Pelatihan dari Balai Diklat Pelayaran Minahasa Selatan Ferdinan.

 

Disamping materi teori dan praktik BST, para nelayan juga dibekali edukasi terkait bahaya penyalahgunaan narkotika dan minuman keras oleh Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Bontang AKBP Kismono Edy, sesuai rujukan tes kesehatan bagi seluruh nelayan peserta pelatihan. (*/vo/nav)


Download:

    Inovasi Pupuk Kaltim Raih Predikat World Class

    NEXT PAGE
    Grand Platinum

    SNI GRAND
    PLATINUM

    PROPER
    EMAS

    INDUSTRI
    HIJAU LV.5