You are using an outdated browser. For a faster, safer browsing experience, upgrade for free today.

MSE Funding and Development

Program Kemitraan BUMN untuk usaha kecil dan menengah, yang selanjutnya disebut Program Kemitraan, adalah program peningkatan kemampuan pelaku usaha agar menjadi tangguh dan mandiri melalui pemanfaatan dana dari bagian laba BUMN. Pupuk Kaltim sebagai anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) mendapatkan tugas untuk melaksanakan program kemitraan ini. Dalam program ini terdapat beberapa jenis kegiatan yang dilakukan. Kegiatan Kemitraan tersebut, meliputi:

 

  1. Memberikan pinjaman modal kerja kepada usaha kecil dan mikro dengan tingkat bunga flat sebesar 3% per tahun. Para pelaku usaha kecil dan mikro yang telah mendapatkan pinjakam modal kerja selanjutnya disebut dengan mitra binaan. 
     
  2. Memberikan pendidikan dan pelatihan yang meliputi pelatihan teknik produksi, manajerial, penelitian, magang, dan lain-lain. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan mutu atau kualitas produk yang dihasilkan mitra binaan serta untuk meningkatkan manajemen kewirausahaan.
     
  3. Membantu meningkatkan pemasaran dan promosi hasil produk mitra binaan.

 

 

Dalam operasi kerja Perusahaan, CSR Pupuk Kaltim selalu menyadari bahwa terdapat hubungan yang tak terelakkan antara dunia usaha (Perusahaan) dengan masyarakat. Keberadaan perusahaan harus terus memberikan kontribusi dan kepedulian bagi masyarakat sekitar sehingga tercipta kemandirian masyarakat.

Bentuk kontribusi dan kepedulian perusahaan dilakukan dengan melakukan berbagai pengembangan potensi yang ada di wilayah sekitar perusahaan tersebut, kemudian dikemas dalam beberapa konsep program kegiatan pembinaan. Bentuk dari program kegiatan pembinaan tersebut, antara lain bantuan pinjaman modal kerja, program pelatihan dan pengembangan karakter, hibah fasilitas produksi, serta hibah pemasaran.

 

LAPORAN

 

Pada 2019, Pupuk Kaltim telah menyalurkan dana Program Kemitraan senilai Rp11,2 miliar kepada 296 mitra binaan yang disalurkan kepada masyarakat di sekitar perusahaan khususnya di Kota Bontang dan di seluruh provinsi lain di Pulau Kalimantan pada umumnya. Sejak tahun 1989 hingga 2019, akumulasi realisasi penyaluran dana Program Kemitraan ialah senilai Rp505,2 miliar yang disalurkan kepada 28.305 mitra binaan.

 

Bantuan yang diberikan melalui Program Kemitraan adalah berupa bantuan modal kerja dan pembinaan untuk meningkatkan kapasitas mitra binaan dalam hal teknik produksi, manajerial, dan pemasaran produk serta jasa usaha mitra binaan. Pembinaan yang dilakukan bertujuan untuk mendorong mitra binaan dalam membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar sehingga dapat memperluas penerima manfaat program yang memperoleh penghasilan dari kegiatan usaha mitra binaan. Dengan begitu, masyarakat luas dapat merasakan manfaat dari keberadaan Pupuk Kaltim. Berikut adalah realisasi penyaluran Program Kemitraan CSR Pupuk Kaltim.

 

realisasi penyaluran program kemitraan

Next Page

Grant Program