You are using an outdated browser. For a faster, safer browsing experience, upgrade for free today.

Riwayat Singkat

Sejarah Pupuk Kaltim

PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) adalah salah satu produsen pupuk urea dan NPK terbesar di Asia yang didirikan pada tanggal 7 Desember 1977. Berawal dari fasilitas pabrik pupuk terapung yang dikelola oleh Pertamina, kemudian berdasarkan Keputusan Presiden No. 43 tahun 1975 dan Keputusan Presiden No. 39 tahun 1976 pengelolaannya diserahkan kepada Departemen Perindustrian. Pada Tahun 2012 PKT menjadi anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero).

 

PKT menempati lahan seluas 443 hektar di Kota Bontang, Kalimantan Timur dengan fasilitas produksi yang terdiri dari 5 (lima) pabrik Amoniak, 5 (lima) pabrik Urea, 3 (tiga) pabrik NPK Blending, 2 (dua) pabrik NPK Fusion, 1 (satu) pabrik Boiler Batu Bara, unit pengantongan, serta unit pergudangan dengan total kapasitas produksi pupuk urea sebesar 3,43 juta ton/tahun, Amoniak sebesar 2,74 juta ton/tahun, dan NPK sebesar 350 ribu ton/tahun.

 

Dengan didukung oleh sumber daya manusia yang andal dan berpengalaman, PKT siap menjadi pemain utama dalam industri berbasis agrokimia kelas dunia yang tumbuh dan berkelanjutan.

 

 

VISI

"Menjadi Perusahaan Berkinerja Unggul Kelas Dunia di Bidang Nutrisi Tanaman, Agri Solutions dan Kimia".

 

MISI

  • Menjalankan bisnis produk-produk pupuk, kimia serta portofolio investasi dibidang kimia, agro, energi, trading dan jasa pelayanan pabrik yang bersaing tinggi;

  • Mengoptimalkan nilai perusahaan melalui bisnis inti dan pengembangan bisnis baru yang dapat meningkatkan pendapatan dan menunjang Program Kedaulatan Pangan Nasional;

  • Mengoptimalkan utilisasi sumber daya di lingkungan sekitar maupunpasar global yang didukung oleh SDM yang berwawasan internasional dengan menerapkan teknologi terdepan;

  • Memberikan manfaat yang optimum bagi pemegang saham, karyawan dan masyarakat serta peduli pada lingkungan

 


Budaya Perusahaan

 

Karyawan dan keluarga besar Pupuk Kaltim turut menerapkan nilai-nilai dan Budaya Perusahaan pada prilaku sehari-hari yang terangkum dalam AKHLAK sebagai new core values Perusahaan.

AMANAH

Memegang teguh kepercayaan yang diberikan.

KOMPETEN

Terus belajar dan mengembangkan kapabilitas.

HARMONIS

Saling peduli dan menghargai perbedaan.

LOYAL

Berdedikasi dan mengutamakan kepentingan Bangsa dan Negara.

ADAFTIF

Terus berinovasi dan antusias dalam menggerakkan ataupun menghadapi perubahan.

KOLABORATIF

Membangun kerjasama yang sinergis.

 


Profil Bisnis

BIDANG USAHA

INDUSTRI MANUFAKTUR

Mengolah bahan-bahan mentah tertentu menjadi bahan-bahan pokok yang diperlukan untuk pembuatan pupuk, petrokimia, agrokimia, agroindustri, dan bahan kimia lainnya. Selain produksi produk pupuk dan Amoniak, Pupuk Kaltim juga memproduksi utilitas pabrik seperti steam, listrik, dan air demineralisasi untuk mencukupi kebutuhan industri Perusahaan. Pupuk Kaltim secara spesifik merencanakan ekspansi bisnis di bidang pengolahan methanol. Hal ini ditandai dengan perencanaan pembangunan unit pengolahan baru dan penyiapan lahan industri di kawasan industri Pupuk Kaltim.

 

PERDAGANGAN

Menjalankan distribusi dan perdagangan urea, amoniak, produk pupuk, petrokimia, agrokimia, agroindustri, dan bahan kimia baik secara domestik dan internasional, termasuk impor bahan baku, bahan pendukung, peralatan produksi pupuk, dan bahan kimia. Selain itu, untuk memastikan dan menjamin siklus industri dari produksi barang kepada konsumen, Pupuk Kaltim menjalankan aktivitas pre-marketing di seluruh lini pemasaran. Secara korporat, kebijakan ini menjadikan trading bahan baku pupuk sebagai bagian dari aktivitas bisnis korporat.

 

JASA

Pada bidang jasa, Pupuk Kaltim menjalankan riset dan pengembangan yang terdiri dari pengembangan produk, teknologi, hingga jasa pelayanan perawatan pabrik. Pengembangan riset produk memungkinkan Pupuk Kaltim mengembangkan produk-produk baru yang akan dipasarkan melalui pasar retail. Di bidang jasa pelayanan perawatan pabrik, Pupuk Kaltim terus berkiprah melalui penjualan jasa dan peralatan. Fokus usaha jasa Pupuk Kaltim berkembang dengan implementasi precipalm, yaitu jasa pengelolaan solusi pertanian cerdas (smart farming) untuk meningkatkan efisiensi pertanian dan produktivitas lahan.

 

PENGEMBANGAN BISNIS

2015 : Pengoperasian Pabrik 5
2015 : Pembangunan Gudang Batubara
2016 : Pembangunan Rail Mounted Harbour Crane di Dermaga-4 (Tursina)
2017: Pembangunan Urea Bulk Storage(UBS) VI
2018-2020: Proyek Pembangunan Pabrik Kelapa Sawit.
2020-2021: Pembangunan Gudang Bahan Baku Curah NPK
2020-2022: Proyek Pembangunan Pabrik Ammonium Nitrat

Struktur Grup Kepemilikan Saham

Pada Anak Perusahaan dan Afiliasi

 


Halaman Selanjutnya

Dewan Komisaris & Direksi
© PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT)